Jumat, 10 April 2009

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KARYAWAN FMIPA UII TERHADAP GAJI PERBULAN PADA TAHUN 2007

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KARYAWAN FMIPA UII TERHADAP GAJI PERBULAN PADA TAHUN 2007

Budi Setiawan (05611016)
Jurusan Statistika, Universitas Islam Indonesia, Jogjakarta

ABSTRAKSI
Gaji merupakan kebutuhan yang sangat penting dan mendalam bagi para pegawai baik dalam instansi pemerintah maupun swasta. Dilingkungan kampus misalnya, banyak di jumpai para pegawai yang menginginkan gaji mereka se tiap tahunnya naik,meskipun dalam realitanya apakah kenaikannya itu sudah dibarengi dengan kinerja yang sesuai ataukah belum. Dalam makalah ini akan dibahas tentang bagaimana dan sejauh mana sebuah gaji bisa mempengaruhi semangat dan kinerja karyawan di FMIPA UII. Data yang disajikan berupa data kualitatif yang diambil dari kuesioner “Analisis Tingkat Kepuasan Karyawan dan, Kinerja Karyawan FMIPA UII terhadap Gaji Perbulan pada Tahun 2007”. Setelah dilakukan analisis, disimpulkan bahwa Tingkat Kepuasan Karyawan dan Kinerja Karyawan FMIPA UII terhadap gaji Perbulan Tahun 2007 adalah sebesar 66,74 % atau boleh dikatakan bahwa gaji yang mereka dapatkan sekarang sesuai dengan harapan karyawan FMIPA UII pada tahun 2007
Kata kunci : Gaji, kepuasan, karyawan, skala Likert.

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dalam penelitian sosial banyak ditemukan penelitian mengenai gaji, seberapa besar gaji dan bagaimana sebuah gaji itu bersirkulasi dalam sebuah organisasi. Orang yang sudah berbicara mengenai gaji, tidak akan pernah ada habisnya. Dalam penelitian ini membahas tentang ”Analisis Tingkat Kepuasan Karyawan dan, Kinerja Karyawan FMIPA UII terhadap Gaji Perbulan pada Tahun 2007”.
Gaji yang bersirkulasi dalam organisasi kampus FMIPA UII patut diteliti, opini yang muncul tentang gaji dari para karyawan FMIPA UII sangat bervariasi, dalam setiap tahun gaji selalu naik dan permintaan untuk naik selalu direspon oleh para karyawan. Hal yang wajar bagi setiap karyawan kalau menginginkan gaji yang selalu naik dalam setiap tahun, karena kebutuhan mereka yang selalu dibarengi dengan kenaikan juga. Disisi lain apakah gaji yang selama ini diterima sudah seimbang dengan kinerjanya dan apakah benar gaji itu bisa mempengaruhi dalam kinerja mereka.
Dalam penelitian ini ingin mengetahui opini dari para karyawan FMIPA UII terhadap gaji yang selama ini sudah diterimanya,sudah sesuaikah gajinya dengan hasil kerjanya.

B. Rumusan Masalah
Rumusan permasalahan dalam makalah ini dititik beratkan masalah kepuasan karyawan terhadap gajinya, yaitu “Bagaimanakah tingkat kepuasan karyawan FMIPA UII terhadap gaji perbulan pada tahun 2007”.

C. Batasan Masalah
Agar hasil yang diperoleh tidak menyimpang dari tujuan yang ditetapkan maka dalam penelitian ini ada beberapa batasan yaitu:
1. Penelitian hanya dilakukan dilingkungan kampus FMIPA UII Terpadu.
2. Responden penelitian adalah karyawan FMIPA UII yang terdiri dari Pegawai kontrak pegawai Non kontrak yang aktif bekerja pada tahun 2007.
3. Instrumen ( alat ukur ) yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner.

D. Tujuan Makalah

Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini “Untuk mengetahui tingkat kepuasan karyawan FMIPA UII terhadap gaji perbulan pada tahun 2007”.
E. Manfaat Penulisan Makalah

1. Di harapkan setelah penelitian ini dapat memberikan masukan kepada pihak institusi (pihak pemberi gaji) supaya pemberian gaji karyawan baik karyawan nonedukatif tetap dan administratif disesuaikan dengan posisinya dan kinerja karyawan
2. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada karyawan untuk meningkatkan kinerja mereka

LANDASAN TEORI
• Regresi
Metode regresi merupakan suatu komponen integral dari analisa data yang berkaitan dengan mendeskripsikan hubungan antara variable penjelas dan variable respon. Metode ini dapat digunakan untuk memprediksi seberapa jauh pengaruh variable penjelas terhadap variable respon. Selain itu juga regresi dapat digunakan untuk dua hal pokok yakni untuk memperoleh suatu persamaan yang menunjukkan hubungan dua variable dan untuk peluang nilai variable dependen dalam hal ini adalah variable dependen ( variable Y ) dengan variable lain disebut variable independen ( variable X ).
• Kepuasan
Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakannya dengan harapannnya (Oliver, 1980). Jadi tingkat kepuasaan merupakan fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapan.
• Karyawan
Karyawan adalah orang yang dipekerjakan instansi / perusahaan baik dalam menangani organisasi maupun usaha dan mendapatkan gaji dari instansi / perusahaan.
• Gaji
Gaji adalah suatu bentuk pembayaran periodik dari seorang majikan pada karyawannya yang dinyatakan dalam suatu kontrak kerja. Dari sudut pandang pelaksanaan bisnis, gaji dapat dianggap sebagai biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan sumber daya manusia untuk menjalankan operasi, dan karenanya disebut dengan biaya personil atau biaya gaji. Dalam akuntansi, gaji dicatat dalam akun gaji.
• Kinerja
Kinerja adalah sebuah kata dalam bahasa Indonesia dari kata dasar "kerja" yang menterjemahkan kata dari bahasa asing prestasi. Bisa pula berarti hasil kerja. Pengertian Kinerja dalam organisasi merupakan jawaban dari berhasil atau tidaknya tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
• Teknik Sampling
Sampling adalah cara pengumulan data atau penelitian kalau hanya elemen sampel yang diteliti, dimana hasilnya merupakan data perkiraan atau estimate. Sedangkan acak berarti semua elemen memiliki peluang yang sama untuk terpilih. Ada empat macam teknik sampling yakni Sampling acak berlapis, Sampling acak kelompok, Sampling acak sistematis, dan Sampling acak sederhana. Namun dalam penelitian ini kami menggunakan sampling acak sederhana, dalam sampling acak sederhana pengambilan elemen anggota sampel dilakukan secara acak dan memberikan hasil penelitian yang representative asalkan sampel yang diambil dari populasi yang relative homogen dan tidak begitu bervariansi
• Skala Likert
Skala Likert diguanakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok tentang kejadian atau gejala social. Skala sikap model Likert merupakan suatu komposisi dari pernyataan-pernyataan yang multiple choice atau pilihan ganda. Biasanya jawaban yang dipakai adalah dengan skala lima yang mempunyai skala ordinal. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan empat alternative jawaban yaitu :
 Jawaban sangat setuju diberi bobot / skor 5 (lima)
 Jawaban setuju diberi bobot / skor 4 (empat)
 Jawaban Netral diberi bobot / skor 3 (tiga)
 Jawaban tidak setuju diberi bobot / skor 2 (dua)
 Jawaban sangat tidak setuju diberi bobot / skor 1 (satu)

METODOLOGI PENELITIAN
• Populasi sasaran
Dalam penelitian ini populasi sasarannya adalah karyawan FMIPA UII yang aktif bekerja pada tahun 2007. Objek penelitiannya adalah setiap karyawan FMIPA UII yang terdiri dari Pegawi kontrak dan Pegawai nonkontrak.
• Pengumpulan data
Pada penelitian ini cara pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan sampling, dengan instrument pengumpulan datanya adalah kuesioner.
• Metode pengukuran / Alat ukur
Metode pengukuran untuk memperoleh data ( sampling) menggunakan kuesioner. Setelah menentukan tema dari penelitian kemudian ditentukan bagian – bagian yang kemudian yang akan dikembangkan sebagai pernyataan atau pertanyaan.
• Pemilihan sample
Data yang dikumpulkan dan digunakan adalah data karyawan FMIPA UII yang akitf bekerja pad tahun 2007. Data ini diambil dari bagian umum FMIPA UII dengan menggunakan teknik sampling Hapzard Sampling yaitu sampling seadanya atau kadang kala disebut sebagai accidental sampling tetapi idealnya metode yang dipakai adalah sampling acak sederhana agar hasil informasi yang diperoleh valid dan representative. Alasan menggunakan metode ini karena keadaan yang mendesak dan kesulitan bertemu dengan responden karena kesibukan dari pihak responden sebagai karyawan FMIPA UII. Unit sampling yang diambilpun adalah unit sampling yang tersedia dengan pemilihan responden (sample) dengan cara seadanya dengan batasan jumlah sample sebanyak 24 responden. Metode ini mempunyai kelemahan yaitu hasil informasi yang diperoleh tidak valid karena tidak adanya persiapan sebagaimana persiapan yang harus dilakukan ketika pengambilan sample dan sample yang diambilpun tidak dapat mewakili populasi karena besarnya sample terserah peneliti.
• Analisis Data
Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah skala Likert. Guna untuk mengetahui tingkat kepuasan karyawan FMIPA UII terhadap gaji perbulan pada tahun 2007. Data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan data kualitatif yang selanjutnya diproses dengan manual.

HASIL DAN PEMBAHASAN
Sampel diambil sebanyak 24 karyawan FMIPA UII dari total populasi sebanyak 40 orang karyawan FMIPA UII Yogyakarta pada tahun 2007.
• Analisis skala sikap model likert
Diketahui responden sebanyak 24 orang. Dimana untuk keseluruhan pernyataan sebanyak 11 butir bernilai positif. Berikut adalah tabel untuk hasil skala likert.

Tabel 1. Analisis Tingkat Kepuasan Karyawan dan, Kinerja Karyawan FMIPA UII terhadap Gaji Perbulan pada Tahun 2007.
Item
Respon
Total
SS S N TS STS
Butir_1 0 7 6 10 1 24
Butir_2 1 9 3 11 0 24
Butir_3 1 7 6 9 1 24
Butir_4 7 12 3 2 0 24
Butir_5 2 9 4 8 1 24
Butir_6 0 1 1 15 7 24
Butir_7 3 13 7 1 0 24
Butir_8 0 18 5 0 1 24
Butir_9 9 13 2 0 0 24
Butir_10 0 13 6 5 0 24
Butir_11 4 18 0 2 0 24

Dalam penelitian ini, terdapat liam alternative jawaban terhadap pernyataan yang ada, yaitu :
Sangat Setuju (SS) diberi bobot 5
Setuju (S) diberi bobot 4
Netral (N) diberi bobot 3
Tidak Setuju (TS) diberi bobot 2
Sangat Tidak Setuju (STS) diberi bobot 1
Tabel 2. Persentase skor / bobot respon “Analisis Tingkat Kepuasan Karyawan dan, Kinerja Karyawan FMIPA UII terhadap Gaji Perbulan pada Tahun 2007”.

Item Respon

Total
Prosentase
Kategori
SP P KP TP STP
Butir_1 0 28 18 20 1 67 55,83% Netral
Butir_2 5 36 9 22 0 72 60% Netral
Butir_3 5 28 18 18 1 70 58,33% Netral
Butir_4 35 48 9 4 0 96 80% Setuju
Butir_5 10 36 12 16 1 75 62,5% Setuju
Butir_6 0 4 3 30 7 44 36,67% Tidak Setuju
Butir_7 15 52 21 2 0 90 75% Setuju
Butir_8 0 72 15 0 1 88 73,33% Setuju
Butir_9 45 52 6 0 0 103 85,83% Sangat Setuju
Butir_10 0 52 18 10 0 80 66,67% Setuju
Butir_11 20 72 0 4 0 96 80% Setuju
Jumlah 135 480 129 126 11 881 66,74% Setuju

Jumlah Skor tertinggi = 5*24=120
Jumlah skor terendah = 1*24=24


atau dalam persen


Angka 0% - 20% = Tidak Puas
Angka 21 % - 40 % = Kurang Puas
Angka 41 % - 60 % = Cukup puas
Angka 61 % - 80 % = Puas
Angka 81 % - 100 % = Sangat Puas
Data dapat disajikan dalam Histogram berikut :

Gambar : Grafik persentase pernyataan responden Analisis Tingkat Kepuasan Karyawan dan, Kinerja Karyawan FMIPA UII terhadap Gaji Perbulan pada Tahun 2007.

KESIMPULAN
Setelah data diolah dan dianalisis yang terdiri dari 24 responden dengan 11 item pernyataan maka diperoleh kesimpulan bahwa karyawan FMIPA UII merasa puas dengan gaji perbulan yang mereka terima pada tahun 2007. Bila di jadikan dalam persentase sebanyak 66,74%. Persentase tersebut menyatakan bahwa gaji yang mereka dapatkan sekarang sesuai dengan harapan karyawan FMIPA UII pada tahun 2007.

UCAPAN TERIMA KASIH
Terimakasih saya ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat sehingga dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan lancar serta junjungan kita nabi Muhammad SAW. Saya ucapkan terimakasih kepada bapak Edy Widodo selaku dosen matakuliah Metodologi Penelitian atas bimbingan dan nasehatnya. Tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada kedua orangtua saya di rumah yang senantiasa mendoakan dan mendukung saya. Kepada semua teman-teman statistika terimakasih atas kerjasamanya, serta terimakasih kepada responden yang telah bersedia mengisi quesioner.

DAFTAR PUSTAKA

www.google.com ( karyawan, kepuasan, gaji)
www.google.com : Search : Pengertian Kepuasaan. Mengukur Kepuasaan Masyarakat Terhadap Pendidikan.

Supranto,J. 2000. Teknik Sampling untuk Survey dan Eksperimen. Jakarta : Rineka Cipta.
Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikan Pangsa Pasar. Jakarta : Rineka Cipta.
Riduwan, Drs.M.B.A. 2006. Rumus dan Data dalam Aplikasi Satistika. Bandung : alfabeta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar